Descriptive Text: Penjelasan dan Contoh Text

Hai teachers… Kali ini penulis akan berbagi informasi mengenai salah satu genre yaitu descriptive text. Penulis juga akan berbagi contoh teks deskriptif yang bisa teachers unduh dan edit sesuai dengan kebutuhan dalam mengajar descriptive text. Namun sebelum memberikan link unduhan descriptive text, ada baiknya penulis menjelaskan sedikit mengenai descriptive text. Check this out!

Descriptive Text adalah salah satu teks yang berisikan deskripsi atau menggambarkan benda, tempat, manusia, hewan, dan lain sebagainya. Secara lebih jelas, teks ini menggambarkan seperti apa benda ataupun mahluk hidup yang kita deskripsikan baik dari segi tampilan, bau, suara, maupun tekstur dari benda atau mahluk hidup tersebut.



Descriptive text memiliki tujuan komunikatif untuk menggambarkan dan mengungkapkan ciri-ciri dari benda, tempat, atau mahluk tertentu secara umum, tanpa melalui riset maupun penelitian secara mendalam dan menyeluruh.

Descriptive Text memiliki dua bagian teks yang menjadi ciri dari teks ini sendiri. Kedua bagian tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut: 

  • Identification 
bagian ini merupakan bagian dari Descriptive Text yang berisikan tentang topik atau "apa" yang akan digambarkan atau dideskripsikan.

  •  Description 
Bagian ini adalah bagian terakhir dari Descriptive Text yang mencakup tentang pembahasan yang biasanya berupa penggambaran tentang topik atau "apa" yang ada di Identification yang mencakup kenampakan fisik, kualitas, perilaku umum maupun sifat-sifatnya. 


  • Ciri Kebahasan Descriptive Text
Adapun ciri kebahasaan Descriptive text dapat dilihat sebagai berikut:
  1. Descriptive Text menggunakan Present Tense, misalnya: go, eat, fly, etc.  
  2. Descriptive Text menggunakan berbagaimacam Adjectives (kata sifat) yang bersifat Describing (mengambarkan), Numbering (Menomerkan), dan Classifying (mengklasifikasikan), misalnya: two strong legs, sharp white fangs, etc.   
  3. Descriptive Text menggunakan Relating Verbs untuk memberikan informasi tentang subjek, misalnya: my mum is realy cool, it has very thick fur, etc.   
  4. Descriptive Text menggunakan Thinking Verbs (kata kerja berfikir, seperti belive, think, etc.) dan Feeling Verbs (kata kerja perasa, seperti feel)untuk mengungkapkan pandangan pribadi penulis tentang subjek, misalnya: police believe the suspect is armed, I think it is a clever animal, etc. 
  5. Descriptive Text juga menggunakan Adverbs (kata keterangan) untuk memberikan informasi tambahan mengenai perilaku atau sifat (Adjective) yang dijelaskan, misalnya: it is extremely high, it runs definitely past, etc.


Nah ini link unduhan contoh descriptive text yang teachers dapat unduh dan edit sesuai kebutuhan teachers.

Related Posts:

0 Response to "Descriptive Text: Penjelasan dan Contoh Text"

Post a Comment