Flashcards Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris

Hai teachers… Ketika mengajar bahasa Inggris, kita bisa menggunakan berbagai media untuk membantu siswa dalam menguasai materi. Dan secara khusus untuk penguasaan vocabulary, kita bisa menggunakan media berupa flashcards. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin berbagi sedikit mengenai flashcards. Check it out...!!!


Flashcards adalah media sederhana yang sering digunakan oleh guru dalam pengajaran mengenai kosakata, khususnya dalam pengajaran bahasa Inggris. Mungkin yang perlu teachers ketahui bahwa flashcards ini salah satu media yang paling sering digunakan dan sering dikombinasikan dengan menggunakan games sehingga pembelajaran tidak monoton dengan menggunakan flashcards saja.

Umumnya, flashcards ini berupa gambar saja, gambar disertai dengan kata, kata-kata, dsb. Ada beberapa alasan menggunakan flashcards dimana media ini sangatlah mudah untuk dibuat dan digunakan. Serta, media ini dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar dan pelajaran pun menjadi menyenangkan.

Lalu kenapa menggunakan Flashcards? Untuk anak-anak dalam usia membaca, flashcards sangatlah membantu dalam penguasaan kosakata. Umumnya, media ini digunakan untuk pengenalan kosakata baru dan dapat digunakan dalam latihan pengucapan terkait kosakata yang dipelajari. Flashcards sangatlah mudah untuk dibuat dan juga digunakan. teachers sekalian bisa mendownload gambar yang ada di internet kemudian mengcopy gambar tersebut untuk di paste di word document. Setelah mencetak gambar tersebut, agar lebih awet dalam penggunaannya, teachers sekalian bisa melaminatingnya. Sehingga flashcards yang teachers sekalian buat akan bertahan untuk waktu yang lama. Saran penulis, ketika mencari gambar untuk flashcards sebaiknya carilah gambar nyata dan bukan gambar kartun atau animasi. Gambar kartun memang sungguh menarik. Namun dalam pembangunan konsep, hendaknya hindari penggunaan gambar kartun karena gambar tersebut bisa saja diartikan atau dirujuk ke objek yang berbeda oleh siswa teachers sekalian. Misalnya, gambar yang sebenarnya merujuk pada objek "Apel" dikarenakan gambar atau yang menggambar kurang jelas sehingga agak berbentuk seperti "rambutan" siswa teachers sekalian akan menganggap bahwa "Apple" dalam bahasa Inggris itu berarti "Rambutan" dalam bahasa Indonesia. Tentunya hal ini sangat tidak kita inginkan untuk terjadi.

Apabila teachers sekalian tidak ingin membuatnya sendiri, flashcards kini sudah banyak dijual di toko-toko buku seperti gramedia dsb. Atau dengan kemudahan teknologi seperti sekarang ini, sudah ada aplikasi flashcards generator di mana teachers sekalian tinggal memasukkan gambar dan kata dan sisanya biarkan mesin yang membuatnya menjadi sebuah flashcard.

Apakah teachers tertarik untuk menggunakan flashcards? Semoga informasi yang penulis berikan dapat membantu teachers sekalian.

Related Posts:

3 Responses to "Flashcards Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris"

  1. bagaimana cara langkah langkah memainkan flashcard pada Narrative text? trmksh.

    ReplyDelete
  2. FC bisa digunakan dengan menunjukan FC saat ada new vocabulary di dalam text. Ucapan bisa diulang dan diberikan penekanan sehingga siswa mampu menghubungkan picture, kata, dan pengucapan. FC juga bisa digunakan sebagai visualisasi cerita apabila berupa picture series. Jadi tinggal ditunjukan menurut kisah di dalam text agar siswa mampu memvisualisasikan cerita dalam text. Latihannya, bisa menggunakan FC kembali sebagai media dalam tanya jawab.

    ReplyDelete