Media E-Learning Schoology: Mudah, Praktis, Bisa di Mana Saja, dan Penggunaan Mirip Facebook



Hai teachers… Apakah teachers mempunyai akun facebook? Apakah teachers sering membuka facebook tersebut di kala waktu senggang? Bagaimana dengan siswa teachers sekalian? Apakah melakukan hal yang sama?

Kita menemukan fenomena saat ini di mana siswa-siswa kita sudah memiliki gadget canggih berupa laptop dan telepon seluler yang canggih. Namun, gadget tersebut malah hampir setiap waktu digunakan hanya untuk membuka facebook, instagram, dsb. Sebagai seorang guru kita harus memanfaatkan situasi ini dengan menerapkan pembelajaran e-learning. Salah satu media e-learning yang paling sering digunakan adalah Schoology dan Schoology ini gampang digunakan dikarenakan tampilan dan penggunaannya mirip seperti facebook.

Schoology adalah situs yang menggabungkan antara jejaring sosial dan LMS. Jadi dengan Schoology kita bisa berinteraksi sosial sekaligus belajar. Adapun fitur-fitur yang dimiliki oleh Schoology adalah sebagai berikut:
  1. Courses (Kursus), yaitu fasilitas untuk membuat kelas mata pelajaran, misal mata pelajaran Matematika, Fisika, dan lain sebagainya. Fasilitas Courses ini juga ada di Moodle
  2. Groups (Kelompok), yaitu fasilitas untuk membuat kelompok. Fasilitas ini juga ada di Moodle maupun di facebook.
  3. Resources (Sumber Belajar)

Di dalam menu Course kita juga bisa membuat kuis/soal (ini yang tidak dimiliki oleh facebook) yang jenisnya banyak yaitu pilihan ganda, benar salah, menjodohkan, isian singkat, dan lain-lain. Bagusnya lagi kita bisa mengimport soal. Kelebihan soal online yang dimiliki oleh Schoolgy adalah kita tidak perlu memeriksa pekerjaan siswa. Dan soal-soal itu (biasanya berbentuk tugas) bisa dikerjakan di rumah, guru tinggal mengontrol dari jarak jauh.

Schoology ini juga bisa diunduh melalui google play store. Artinya kemanapun teachers dan di mana pun teachers berada, dapat langsung memantau kegiatan pembelajaran siswa lewat telepon seluler. Namun jika ingin membuat course dan group, ada baiknya teachers melakukannya melalui computer terlebih dahulu. Setelah itu, baru menggunakan telepon seluler apabila tidak sempat membukanya lewat computer.

Bagi teachers yang ingin sign up ke schoology, tinggal mengetikan alamat ULR www.schoology.com. Lalu klik sign up. Maka, akan muncul pilihan instructor dan student. Pilih instructor. Setelah mengisi data diri teachers sekalian, coba untuk log out dan sign in dengan akun yang telah teachers daftarkan sebelumnya. Khusus untuk siswa, minta mereka sign up dengan mengklik student



Bagi teachers yang ingin membuat course (Kursus), maka klik menu course dan klik create. Usahakan nama course ini sesuai dengan kelas yang teachers ajar. Misalnya ENGKLS9A (English Kelas 9A). Setelah selesai membuat course, klik ENGKLS9A dan cari Acces Code seperti gambar di bawah ini. Lalu ingat access code ini dan beritahukan pada siswa kelas yang bersangkutan agar mereka setelah mendaftar di schoology bisa klik course dan klik join dan memasukan access code tersebut.


Melalui Course, teachers sekalian dapat berbagi dokumen, menetapkan materi pembelajaran, menyuruh siswa mengumpulkan dokumen via online, dan masih banyak fitur lainnya yang bisa teachers gunakan.

Jika teachers ingin membuat group, maka sesuaikan juga nama group dengan nama Course yang sudah Teachers buat sebelumnya. Misalnya ENGKLS9A. Lalu masuk ke dalam course dan klik member lalu akan muncul Access Code di sebelah kanan untuk diberitahukan kepada siswa teachers sekalian.


Group ini bisa digunakan sebagai ajang diskusi. Penulis sendiri sering menggunakan fitur ini di mana penulis menyuruh siswa penulis untuk menulis 4 kalimat dalam bahasa Inggris dan teman-teman mereka diharapkan memberikan komentar dan revisi apabila terdapat kesalahan dalam kalimat yang ditulis. Sangat bermanfaat. Semoga membantu.

Related Posts:

2 Responses to "Media E-Learning Schoology: Mudah, Praktis, Bisa di Mana Saja, dan Penggunaan Mirip Facebook"

  1. Mau tanya gan, cara memunculkan kode aksess untuk parent, Gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kode akses yang sama gan. Sy belum pernah coba masuk menjadi parent. Dicoba masuk menjadi parent dan masukan kode akses grupnya.

      Delete