Procedure Text: Penjelasan dan Contoh Text

Hai teachers… Bisakah teachers menjelaskan cara membuat telur goreng melalui tulisan? Nah pertanyaan ini pasti mengingatkan teacher tentang procedure text. Kali ini penulis akan membahas mengenai procedure text dan juga memberikan link unduhan contoh procedure text. Check this out!

Procedure Text merupakan salah satu dari kesekian genre yang menunjukan sebuah proses dalam membuat atau mengoperasikan sesuatu yang berfungsi untuk menggambarkan bagaimana sesuatu dikerjakan melalui langkah-langkah yang teratur.

Procedure text ini memiliki tujuan komunikatif untuk memberikan petunjuk atau langkah-langkah tentang cara melakukan sesuatu melalui tindakan-tindakan atau langkah-langkah yang berurutan atau secara kronologis.


Adapun struktur kebahasaan dari Procedure Text terdiri dari 3 bagian yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Aim/ Goal
Pada bagian ini biasanya berisikan mengenai informasi mengenai tujuan dalam pembuatan atau pengoprasian sesuatu.

2. Materials
Pada bagian ini biasanya dijelaskan mengenai bahan-bahan yang digunakan dalam membuat sesuatu apabila procedure text ini mengenai membuat sesuatu. Tapi tidak semua Procedure text menyertakan bagian materials. Terkadang sebuah Procedure text tidak memiliki bagian materials dikarenakan topik yang ditulis bukan mengenai membuat sesuatu.

Ada tiga jenis Procedure Text yang tidak menggunakan bagian materials, yaitu:
  • Procedure text yang menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau bagaimana cara melakukan instruksi secara manual. Misalnya: How to use the video game, the computer, the tape recorder, atau the fax, etc.
  • Procedure text yang berisikan instruksi bagaimana melakukan aktivitas-aktivitas tertentu dengan peraturanya. Misalnya: raod safety rules, atau video game rules, etc.
  • Procedure text yang berhubungan dengan sifat atau kebiasaan manusia. Misalnya: How to live happily, atau How to secceed.
3. Steps
Pada bagian biasanya berisikan mengenai langkah-langkah atau urutan-urutan yang harus dilakukan agar tujuan yang diuraikan pada bagian Aim/ Goal bisa tercapai. Langkah-langkah atau urutan-urutan yang disampaikan tersebut haruslah dijabarkan secara berurutan dari awal hingga akhir.

Ciri Kebahasaan Procedure Text
procedure text memiliki ciri kebahasaan yang dapat disebutkan sebagai berikut:
  1. Menggunakan pola kalimat imperative (Perintah), misalnya, Cut, Don’t mix, dsb. 
  2. Menggunakan action verbs, misalnya turn, put, don’t, mix, dsb. 
  3. Menggunakan connectives (kata penghubung) untuk mengurutkan kegiatan, misalnya then, while, dsb. 
  4. Menggunakan adverbials (kata keterangan) untuk menyatakan rinci waktu, tempat, cara yang akurat, misalnya for five minutes, 2 hours, dsb. 
  5. Menggunakan simple present.

Setelah membaca penjelasan di atas, pasti teachers tertarik untuk melihat contoh procedure text kan? Penulis sudah menyediakan link unduhan untuk teachers sekalian. Silahkan dinimati.

Related Posts:

0 Response to "Procedure Text: Penjelasan dan Contoh Text"

Post a Comment