Recount Text: Penjelasan dan Contoh Text

Hai teachers… Pasti teachers sekalian tidak asing ketika mendengar kata recount text? Yap. Recount Text adalah salah satu dari jenis teks bahasa Inggris yang menceritakan kembali kejadian-kejadian atau pengalaman-pengalaman di masa lampau. Tujuan dari Recount Text adalah untuk memberikan informasi atau untuk menghibur pembaca. Di dalam Recount Text tidak terdapat komplikasi (Complication) seperti halnya di Narrative Text. Kali ini Penulis ingin berbagi mengenai penjelasan recount dan link unduhan contoh recount text. Check it out!

Dari kesekian genre yang ada, recount merupakan genre yang menceritakan mengenai pengalaman di masa lampau yang disampaikan secara berurutan. Istilah recount sendiri berasal dari bahasa Prancis conter yang memiliki arti yaitu menghitung ulang. Selain itu kata ini juga berarti menceritakan sebuah cerita. Oleh karena itu, recount  adalah salah satu dari jenis teks  yang menceritakan kembali kejadian-kejadian atau pengalaman-pengalaman di masa lampau.


Recount text memiliki tujuan komunikatif untuk melaporkan peristiwa, kejadian atau kegiatan dengan tujuan memberitakan atau menghibur tentunya tanpa ada konflik di dalam cerita tersebut. Adapun kegiatan, peristiwa, atau kejadian ini disampaikan secara berurutan.

Adaun bagian dari recount text ini dapat dijelaskan sebagai berikut:
  • Orientation
Bagian ini merupakan bagian pengenalan yaitu memberikan informasi tentang siapa, di mana, dan kapan peristiwa atau kegiatan itu terjadi di masa lampau. 

  • Events
Bagian ini merupakan rekaman peristiwa yang terjadi yang disampaikan secara berurutan atau dalam urutan kronologis. Di bagian Events ini juga biasanya terdapat komentar pribadi mengenai peristiwa atau kejadian yang diceritakan.

  • Reorientation
Bagian ini biasanya berisikan mengenai pengulangan pengenalan yang ada di Orientation, pengulangan yang merangkum rentetan peristiwa, kejadian atau kegiatan yang diceritakan. Terkadang juga pada bagian ini berisikan evaluasi atau nilai-nilai apa yang ingin kita sampaikan melalui peristiwa yang telah kita sampaikan.
 
Ciri Kebahasaan Recount Text
Recount text memiliki beberapa ciri-ciri kebahasaan yang mungkin akan teachers temukan ketika membaca sebuah Recount Text. Ciri-ciri kebahasaan dari Recount Text tersebut adalah:
  • Menggunakan Past Tense. Misalkan we went to zoo, I was happy, etc.
  • Menggunakan Conjunction dan Time Connectives untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian. Misalnya and, but, the, aftar that, etc.
  • Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk mengungkapkan tempat, waktu dan cara. Misalkan yesterday, at my house, slowly, etc.
  • Menggunakan Action Verbs. Misalkan went, slept, run, brought, etc.

Nah ini dia link unduhan yang bisa teachers unduh sebagai bahan ajar mengenai materi recount. Materi ini dapat teachers kembangkan lagi sesuai kebutuhan teachers sekalian.

Related Posts:

1 Response to "Recount Text: Penjelasan dan Contoh Text"