Discussion Text: Penjelasan dan Contoh Text


Hai teachers… Penulis baru saja selesai berdiskusi dengan teman penulis mengenai pendidikan di Indonesia. Diskusi ini mengingatkan penulis mengenai salah satu genre yang penulis rasa perlu untuk berbagi dengan teachers sekalian. Genre apa itu? Yap. Discussion text. Dalam kesempatan ini penulis akan menjelaskan discussion text dan contoh discussion text. Check this out!

Discussion Text ini definisikan sebagai sebuah teks yang berisikan wacana yang mencakup permasalahan. Permasalahan ini biasanya berisikan dua kubu yang berbeda yang disebut pro (pendukung) dan kontra (penentang) mengenai isu yang ditampilkan yang ditampilkan dalam wacana. Jadi wacana ini berisikan isu pendukung dan isu penentang. Masalah yang disajikan dalam teks ini nantinya akan mendiskusikan mengenai dua sudut pandang tersebut yaitu sudut pandang pro dan kontra.  


Adapun tujuan komunikatif dari Discussion Text ini adalah mengetengahkan isu atau masalah yang ditinjau dari dua sudut pandang sebelum akhirnya sampai pada suatu kesimpulan maupun rekomendasi.

Di dalam Discussion text, terdapat empat struktur kebahasaan yang terlihat dari ide pokok setiap paragraf sebagai bahan pembentuk teksnya seperti yang dapat dijelaskan di bawah ini:

1. Issue 
Bagian Issue terletak di paragraf pertama yang berisi mengenai penempatan masalah atau isu yang akan didiskusikan.

2. Supporting Points
Di bagian ini, penulis biasanya menghadirkan pendapat yang mendukung isu. Untuk setiap paragraf Supporting Point biasanya terdiri dari dua komponen diantaranya ide pokok paragraf dan elaborasi atau uraian dari ide pokok paragraf tersebut.

3.Contrasting Points
Pada bagian ini, biasanya penulis menghadirkan pendapat yang menentang isu atau permasalahan. Seperti dalam paragraf Supporting Point, Bagian ini juga menghadirkan dua komponen pembentuk yaitu ide pokok paragraf dan elaborasi atau uraian ari ide pokok paragraf tersebut.

4. Conclusion atau Recommendation
Pada bagian ini, penulis biasanya menghadirkan kesimpulan atau bisa juga rekomendasi dari isu atau permasalahan yang telah didiskusikan di atas.

Di dalam membuat Discussion Text, penulis harus memperhatikan penggunaan bahasa yang biasa diterapkan, seperti:
  • Menggunakan simpel present tense
  • Menggunakan modalites, seperti must, should, would, may, etc.
  • Menggunakan additive, contrastive, dan casual connection, seperti similiary, however, furthemore, on the other hand, etc.

Nah sekarang, penulis akan berbagi dan memberikan contoh discussion text kepada teachers sekalian.
Contoh Text

Related Posts:

2 Responses to "Discussion Text: Penjelasan dan Contoh Text"

  1. Thanks gan, artikel sangat membantu sekali buat saya yg lagi dapat tugas bhs inggris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak. Bisa dishare kalau yg lain juga membutuhkan.

      Delete