Explanation Text: Penjelasan dan Contoh Text

Hai teachers… Pernahkah teachers membaca artikel mengenai fenomena alam? Nah, kita pasti akan bersentuhan dengan apa yang namanya explanation text. Oleh karena itu, penulis ingin berbagi dengan teachers sekalian mengenai explanation text beserta contohnya. Check this out!

Dari sekian genre yang ada, Explanation Text merupakan teks yang memiliki hubungan dengan pemaparan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. teks ini biasanya terkait dengan pertanyaan mengenai "Why" dan "How" terhadap suatu fenomena yang ada.


Teks ini memiliki tujuan kebahasaan untuk menerangkan atau menjelaskan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan atau kegiatan yang terkait dengan fenomena-fenomena yang telah disebutkan di atas.

Explanation text terdiri atas 3 struktur kebahasaan yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • General Statement
Bagian ini berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.

  • A squenced of explanation
Bagian ini berisi tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta. bagian ini biasanya merupakan jawaban atas pertanyaan "Why" dan "How" yang berkaitan denga fenomena yang akan dibahas. bagian ini bisa terdiri atas beberapa paragraf yang saling berkaitan.

  • Closing
Terkadang, bagian ini tidak tercantum dalam generic structure dari Explanation text. Namun kebanyakan orang beranggapan bahwa paragrap terakhir dari sebuah Explanation text adalah closing. Padahal, bagian ini merupakan bagian terakhir dari squenced of explantaion yang biasanya berisikan mengenai langkah akhir yang dijelaskan pada bagian squenced of explanation.

Ciri Kebahasaan Explanation Text
  • Dalam sebuah explanation text, terdapat ciri-ciri kebahasaan seperti di bawah ini, yaitu:
    Menggunakan simpel present tense
  • Menggunakan abstract noun (kata benda yang nampak)
  • Mengguanakan Passive voice
  • Menggunakan Action verbs

Setelah membaca penjelasan di atas, untuk menambah pengetahuan mengenai explanation text, penulis menyertakan contoh seperti yang teachers bisa lihat di bawah ini.

Related Posts:

0 Response to "Explanation Text: Penjelasan dan Contoh Text"

Post a Comment