Penjelasan Extensive dan Intensive Reading


Hai teachers… Penulis baru saja membaca beberapa artikel terkait pendidikan, khususnya mengenai mengajar reading (membaca). Penulis menemukan mengenai pengertian extensive reading dan extensive reading yang akan penulis bagi dengan teachers sekalian. Namun sebelumnya, penulis akan menjelaskan mengenai pengertian reading itu sendiri. Check this out…!!!


Membaca sendiri adalah sebuah proses untuk menyusun makna dari sebuah teks baik berupa novel, majalah, buku cerita anak-anak dan Koran baik dengan menggunakan media kertas ataupun bermedia digital. Teks-teks ini bisa saja disajikan dengan berbagai ilustrasi, diagram, ataupun grafik (Winch dkk. 2006).

Sehubungan dengan pengertian membaca, Pang dkk. (2003:6) menyatakan bahwa membaca adalah sebuah proses mengerti akan suatu teks tertulis yang mencakup dua hal penting, yaitu persepsi dan pemikiran. Pang dkk (2003:6) juga mengatakan bahwa membaca juga mencakup dua proses penting yaitu pengetahuan akan kata-kata dan pemahaman akan isi teks. Selanjutnya Pang dkk. (2003:6) menyatakan bahwa kompetensi membaca adalah sangat penting adanya bagi anak-anak maupun orang dewasa sekalipun dikarenakan melalui membaca, pembelajar mampu mebuka jendela dunia serta kesempatan-kesempatan lainnya. Membaca mampu membuat pembelajar untuk memperoleh informasi-informasi baru yang bermanfaat bagi mereka.

Melalui membaca, pembaca mampu mendapatkan informasi-informasi baru yang bermanfaat bagi kehidupan para pembaca. Melalui membaca juga, para pembaca mampu membuka jendela dunia dan mengetahui apa saja yang terjadi di sekitar mereka. Untuk mampu membaca dengan baik, maka cara membaca pun perlu diperhatikan. Sehingga, mengajar membaca adalah penting untuk diperhatikan. Dalam mengajar membaca, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti kemampuan oral, kesadaran akan fonem dan bunyi, kelancaran dalam membaca, kosakata, pemahaman awal, pemahaman, motivasi dan tujuan, integrasi antara membaca dan menulis, teks, asesmen, unsur budaya, latihan (Pang dkk, 2003:6-20).

Sehubungan dengan mengajar membaca, Harmer (2007) menyatakan bahwa untuk mendapatkan keuntungan yang maksimum dari membaca, maka pembaca hendaknya terlibat dalam membaca ekstensif dan intensif. Membaca ektensif dan intensif dapat dijelaskan sebagai berikut:

Membaca Ekstensif
Membaca ekstensif di sini dimaksudkan bahwa pembaca hendaknya diberikan teks yang sesuai dengan kemampuan berbahasa mereka. Teks yang terlalu susah bagi pembaca akan menyebabkan mereka berkutat dengan arti dari isi teks sehingga informasi yang semestinya bisa mereka tangkap malah tidak bisa diserap sama sekali. Oleh karena itu dalam membaca ekstensif, pembaca hendaknya dipilihkan materi membaca yang bertingkat sesuai dengan kemampuan berbahasa mereka.

Membaca Intensif
Membaca intensif di sini dimaksudkan bahwa pembaca hendaknya diberikan teks yang sesuai dengan keinginan dan hal-hal yang mereka sesuai sehingga dari teks yang diberikan akan mampu meningkatkan motivasi mereka dalam membaca. Hal ini juga dimaksudkan agar mereka menunjukkan keingintahuan lebih mendalam dalam mencari informasi di dalam teks dikarenakan teks dan topik yang dibaca adalah hal yang mereka sukai dan ketahui.


Yang suka dengan artikel ini bisa share dan like agar teachers yang lain juga mendapat kesempatan untuk menambah ilmu.

Related Posts:

1 Response to "Penjelasan Extensive dan Intensive Reading"

  1. terimakasih atas penjelasannya,,,
    lebih susah mana extensive dan intensive reading min???

    ReplyDelete