Fungsi dan Peranan Asesmen dalam Pendidikan

Hai teachers… Kali ini penulis ingin membahas mengenai fungsi dan peranan asesmen dalam pendidikan. Hal ini ingin penulis bahas dikarenakan banyak teachers yang mungkin masih belum memahami apa sebenarnya fungsi dan peranan asesmen dalam pendidikan. Penasaran apa fungsi dan peranan asesmen dalam pendidikan? Check this out…!!!


Dalam mengajar bahasa Inggris, teachers sekalian pasti akan bersinggungan dengan apa yang namanya asesmen. Dalam pedoman penilaian Kurikulum 1994 (Depdikbud, 1994:3) ditegaskan bahwa tujuan dan fungsi asesmen untuk memberikan umpan balik baik kepada guru, siswa, orangtua maupun lembaga pendidikan yang berkepentingan serta untuk menentukan nilai hasil belajar siswa. Bagai guru, hasil asesmen tidak hanya dugunakan untuk memberikan pertanggung-jawaban secara obyektif kepada atasan ataupun sekedar bahan nilai raport. Asesmen dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk melakukan instrospeksi diri terhadap proses pembelajaran yang baru saja berlangsung. Bagi siswa, hasil asesmen dapat dijadikan alat untuk memotivasi siswa tersebut agar lebih giat dalam proses pembelajaran berikutnya. Selain itu, dari hasil asesmen siswa mendapatkan informasi tentang seberapa jauh tingkat penguasaan bahan pelajaran yang diberikan guru.  Bagi orang tua, dengan mengetahui hasil belajar siswa (anaknya) orangtua dapat turut berpartisipasi dan mengambil langkah yang tepat dalam memberikan bimbingan dan bantuan serta dorongan bagi putra-putrinya. Selain itu dengan informasi hasil asesmen yang benar, orangtua dapat secara akurat mengetahui kemampuan, kekurangan dan kedudukan siswa secara riil di kelasnya. Bagi pengelola program pendidikan, hasil asesmen merupakan masukkan yang sangat berarti yang dapat digunakan untuk bahan kajian dalam membantu guru meningkatkan kompetensi profesionalnya, khususnya dalam bidang penilaian/asesmen. Hasil penilaian yang komprehensif dapat juga dugunakan untuk tujuan dan kebutuhan lain misalnya penentuan status siswa, pengelompokkan, seleksi, diagnosis dan bimbingan, serta menyempurnakan pengalaman pendidik, atau penelitian.

Sesuai dengan fungsi asesmen, asesmen mempunyai tujuan sebagai berikut:

  • Dalam fungsi asesmen sebagai alat seleksi terkandung di dalamnya tujuan asesmen, yaitu untuk mendapatkan calon siswa pilihan yang cocok dengan suatu jurusan dan jenjang pendidikan tertentu.
  • Dalam fungsi asesmen sebagai alat pengukur keberhasilan dan diagnostik mengetahui seberapa jauh hasil yang telah dicapai dalam proses pendidikan yang telah dilaksanakan.
  • Dalam fungsi asesmen sebagai alat penempatan (replacement), asesmen bertujuan untuk menentukan pendidikan lanjutan siswa agar sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya.
  • Asesmen dalam rangka kegiatan belajar mengajar yang dikenal dengan istilah tes awal, yaitu asesmen yang dilaksanakan sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung. Asesmen ini bertujuan untuk mengetahui taraf kesiapan siswa dalam memahami bahan pelajaran yang akan dipelajarinya.
  • Dalam rangka promosi, asesmen bertujuan untuk mendapatkan bahan informasi dalam menentukan siswa untuk naik kelas atau mengulang pada tingkat kelas yang sama.
  • Secara intuitif, seorang guru dalam mengajar telah berusaha untuk memilih metode mengajar yang paling tepat sesuai dengan kondisi siswa, lingkungan, ataupun sifat materi yang disajikan

Target pembelajaran selain mengembangkan aspek kognitif juga meningkatkan keterampilan proses, sikap, kreativitas dan kemampuan aplikasi konsep (Yager, 1996:9). Mengingat antara belajar dan penilaian mempunyai hubungan yang erat, maka agar siswa terdorong untuk mengembangkan daya kreasi dan keterampilan berfikirnya hendaknya penilaian yang dilakukan tidak hanya ditujukan pada aspek penguasaan konsep saja, tetapi perlu dilengkapi dengan penilaian terhadap proses belajar siswa atau aktivitas siswa, karya siswa, dan sikap siswa. Instrumen penilaian yang dapat digunakan untuk menilai kinerja siswa tersebut adalah dengan menggunakan Assessment-based Evaluation.

Baca juga

Related Posts:

0 Response to "Fungsi dan Peranan Asesmen dalam Pendidikan"

Post a Comment