Hortatory Exposition Text: Penjelasan dan Contoh Text


Hai teachers… dalam postingan sebelumnya penulis telah membahas tentang analytical exposition. Kali ini penulis akan membahas mengenai hortatory exposition. Penulis juga akan memberikan contoh mengenai hortatory exposition text. Check this out!

Hortatory Exposition juga merupakan jenis teks bahasa Inggris yang masih tergolong ke dalam kelas Argumentation. Teks ini merupakan sebuah jenis teks yang di mana penulis berusaha untuk memengaruhi pembaca agar pembaca tersebut melakukan sesuatu yang diinginkan oleh penulis. Dalam teks ini, biasanya tercantum beberapa pendapat mengenai hal tertentu untuk memperkuat ide pokok dari teks yang disusun.


Hortatory exposition sungguh berbeda dengan analytical exposition dimana hortatory exposition menghadirkan recommendation sebagai paragraf penutupnya. Recommendation ini biasanya digunakan penulis untuk mengajak serta membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu. Sedangkan pada analytical exposition, bagian terakhirnya adalah reiteration di mana bagian ini merupakan penulisan kembali atau penyampaian kembali ide pokok sebuah teks sebagai sebuah penutup dan tanpa adanya ajakan untuk melakukan sesuatu.


Tujuan komunikatif pada Hortatory Expostion Text adalah memaparkan dan memengaruhi pembaca bahwa sesuatu (topik) seharusnya demikian atau seharusnya tidak demikian.

Hortatory Exposition Text memiliki 3 bagian yang dapat dijelaskan sebagai berikut, yaitu:
1. Thesis
Bagian thesis berisi tentang pengenalan ide pokok penulis tentang suatu gejala atau kejadian yang akan diangkat atau dibahas.

2. Arguments
Bagian arguments berisi mengenai pendapat-pendapat yang mendukung ide pokok penulis. Apabila pendapat yang dituliskan semakin banyak, maka semakin menarik sebuah Hortatory Exposition Text itu, karena pembaca biasanya akan cenderung percaya terhadap suatu peristiwa jika terdapat banyak pendapat yang mendukung di dalamnya.

3. Recommendation
Bagian recommendation berisi tentang rekomendasi atau ajakan penulis terhadap pembaca.

Di bawah ini adalah ciri kebahasaan yang terdapat pada Hortatory Exposition Text, yaitu:
  • Menggunakan simple present tense
  • Menggunakan temporal conectives; firstly, secondly, thirdly, etc.
  • Menggunakan evaluative words; importanly, valuablly, trustworthly, etc.

Ini dia contoh hortatory exposition text. Semoga penjelasan dan contoh ini dapat membantu teachers sekalian.
Contoh Text

Related Posts:

0 Response to "Hortatory Exposition Text: Penjelasan dan Contoh Text"

Post a Comment