Metode untuk Mengajar Reading: SQ3R (Survey, Questions, Read, Recite, Review)

Hai teachers… Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi pengetahuan dengan teachers sekalian mengenai metode yang bisa digunakan dalam mengajar membaca. Salah satu dari metode yang dapat teachers sekalian gunakan adalah metode SQ3R. Apa itu metode SQ3R? Check this out…!!!


SQ3R adalah metode membaca yang  terdiri atas langkah-langkah dasar dalam belajar dengan cara yang efisien. Adapun SQ3R ini merupakan kepanjangan dari S untuk Survey, dan Q untuk Question, dan 3R untuk Read, Recite dan Review.

'McNamara, T. (2000) menyatakan bahwa metode SQ3R merupakan metode pemahaman awalnya diciptakan sebagai strategi keterampilan studi bagi siswa. Implementasi dari metode ini terdiri dari lima langkah yang dapat dijelaskan sebagai berikut:
Survey
Langkah ini merupakan langkah pertama yang dilakukan para pembaca atau para siswa sebelum memulai membaca. Langkah ini dimulai dengan cara melihat seluruh teks, lihat apa judul dari bacaan tersebut, dan hal ini akan mengarahkan siswa/pembaca tahu mengenai apa yang akan dibaca dengan cara: memeriksa pengenalan dan ringkasan paragraf, referensi, dan lain-lain.

Question
Pada Langkah ini, para pembaca atau para siswa dituntut untuk bisa bertanya pada diri sendiri teks tersebut “mengenai apa, bagaimana, kenapa, dsb”. Jadi pada tahapan ini siswa bisa dibimbing untuk mempertanyakan teks yang dibaca sehingga mereka bisa mencari tahu lebih dalam lagi mengenai teks tersebut.

Read
Selanjutnya, para siswa membaca paragraf yang ditugaskan dengan  meninjau kembali dan mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkembang di langkah sebelumnya. Siswa harus merevisi pertanyaan yang diperlukan atau membuat pertanyaan baru yang muncul selama mereka membaca. Bagian ini membutuhkan konsentrasi tinggi dan waktu yang cukup bagi siswa.

Recite /write
Pada tahap ini, siswa dituntut untuk bisa berkata pada dirinya sendiri dengan suara yang keras atau menuliskan kembali kata kunci yang meringkas poin utama dari bagian teks/paragraf tersebut dan jawab pertanyaan yang ada dalam teks. Hal yang lebih terpenting adalah siswa diharapkan untuk menggunakan kata-katanya sendiri dan bukan hanya sekedar menyalin kalimat dari teks.

Review
Langkah selanjutnya setelah melakukan langkah 2-4, siswa memiliki daftar kata kunci yang menyediakan semacam garis besar untuk teks, uji para siswa dengan menutupi kata kunci dan lihat seberapa baik siswa dapat mengingat kata kunci tersebut. Langkah ini harus siswa lakukan setelah siswa selesai membaca teks. Jika siswa tidak dapat mengingat salah satu poin utama dari yang siswa buat, itu berarti adalah bagian yang siswa butuhkan untuk membaca ulang.

Apakah teachers sekalian tertarik untuk menggunakan metode ini? Semoga metode ini bisa bermanfaat bagi teachers sekalian.
(Prasetya)

Related Posts:

3 Responses to "Metode untuk Mengajar Reading: SQ3R (Survey, Questions, Read, Recite, Review)"

  1. it's nice strategy. bisa minta artikel dr McNamara, T. ttg strategi ini?

    ReplyDelete
  2. May I ask you question, Sir?

    I want to know,is there any difference results between reading with using survey and question, and reading without doing these steps?
    Do you have explanation for that? Thank you, Sir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. The result won't be meaningful as expected then since two steps are terminated or omitted. The two preeceding steps maximize the effects of the rests. Therefore, without the two steps, the rests will be an ordinary activity for the students. Although without the first two steps the result could be good even great for some students, however the first two steps will make the learning become meaningful and intensify students' curiousity (question step) about the topic as well as enhancing their comprehension since they get another information from another source (survey step) as something they can contradict with or to support with. Hope this explains.

      Delete