News Item Text: Penjelasan dan Contoh Text

Hai teachers… Pernahkah teachers sekalian menceritakan kejadian sehari-hari teachers karena menganggap itu bisa menjadi berita penting? Jika ya? Maka teachers telah menggunakan genre news item. Apa itu news item dan bagaimana contohnya? Penulis akan berbagi dengan teachers sekalian. Check this out!

Dari kesekian genre yang ada, News Items Text merupakan salah satu (Types Of Text) yang memberikan informasi kepada pembaca mengenai kejadian-kejadian yang biasanya terjadi sehari-hari. Kejadian-kejadian tersebut yang disampaikan kepada pembaca adalah kejadian yang dianggap penting, hangat dan patut dijadikan berita.


Adapun tujuan komunikatif dari teks ini adalah untuk memberitahukan kepada kepada pembaca, pendengar atau penonton tentang peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang dipandang penting atau layak untuk diberitakan.

Biasanya, pada News Item Text, terdapat tiga bagian dalam struktur kebahasaannya yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

Main event
Main Event adalah bagian yang menceritakan atau berisi berita tentang peristiwa atau kejadian inti yang biasanya dalam bentuk ringkasan atau Summary.

Elaboration
Elaboration adalah bagian yang menceritakan atau berisi tentang latar belakang peristiwa atau kejadian, siapa yang terlibat dan di mana tempat kejadiannya.

Closure
closure ini adalah bagian penutup yang menceritakan atau berisi tentang komentar, saksi kejadian, pendapat para ahli, dsb. mengenai peristiwa atau kejadian yang diberitakan.

Di setiap teks bahasa Inggris yang berjenis News Item Text, terdapat ciri-ciri kebahasaan seperti berikut ini:
  • Informasi singkat tertuang dalam headline
  • Memfokuskan pada kejadian
  • Menggunakan action verb
  • Menggunakan material process

Sekarang, penulis akan berbagi mengenai contoh news item agar bisa menambah pengetahuan teachers sekalian.

Related Posts:

0 Response to "News Item Text: Penjelasan dan Contoh Text"

Post a Comment