Perbedaan Pendekatan, Model, dan Strategi Pembelajaran

Hai teachers… Sebagai seorang guru, kita kerap kali menggunakan berbagai pendekatan, model pembelajaran, strategi, dan lainnya. Namun, kerap kali kita tidak mengetahui masing-masing pengertian dan perbedaan antara semua yang telah disebutkan di atas. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi mengenai penjelasan Pendekatan, Model pembelajaran dan Strategi. Check this out…!!!



Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah ide atau gagasan pembelajaran yang melandasi pencapaian tujuan pembelajaran. Kalau dinyatakan dalam bentuk pertanyaan, maka pertanyaan untuk pendekatan menjadi, “Apakah ide atau gagasan pembelajaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran?”

Dalam konteks umum pembelajaran, telah lama dikenal dua jenis pendekatan pembelajaran, yaitu pendekatan induktif dan pendekatan deduktif. Pendekatan induktif adalah ide atau gagasan pembelajaran yang dimulai dari bagian-bagian untuk mencapai suatu keseluruhan. Misalnya, berangkat dari contoh-contoh menuju suatu konsep atau generalisasi. Pendekatan deduktif adalah ide atau gagasan pembelajaran yang berlawanan arah dengan pendekatan induktif. Pendekatan deduktif adalah ide atau gagasan pembelajaran yang dimulai dari konsep atau generalisasi menuju pada contoh-contoh nyata pengertian konsep atau generalisasi yang dibangun. Dalam bentuk lain, kedua pendekatan tersebut masing-masing dikenal dengan pendekatan proses (process approach) dan pendekatan konsep (concept approach) .

Selain kedua pendekatan yang telah dijelaskan di atas, seiring perkembangan jaman sebenarnya telah banyak pendekatan-pendekatan yang bermunculan. Hal ini dikarenakan pendidikan itu dinamis dan selalu berubah-ubah. Oleh karena itu, wajar jika pendekatan itu juga semakin berkembang dan bermunculan.

Model Pembelajaran
Model pembelajaran adalah seperangkat prosedur pembelajaran yang dibangun dengan dasar teori, pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Secara umum, dapat dinyatakan model pembelajaran memiliki konstruksi teori belajar yang jelas dan gambaran situasi sosial pembelajaran (interaksi peserta didik dalam pembelajaran). Konstruksi teori belajar merupakan landasan model dan gambaran situasi sosial pembelajaran merupakan wujud nyata model pembelajaran yang mendeskripsikan interaksi peserta didik, tahap demi tahap, dalam pembelajaran agar proses belajar berlangsung secara optimal berdasarkan keyakinan terhadap teori yang digunakan.

Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran merupakan suatu serangkaian rencana kegiatan yang termasuk didalamnya penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam suatu pembelajaran. Strategi pembelajaran disusun untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Strategi pembelajaran didalamnya mencakup pendekatan, model, metode dan teknik pembelajaran secara spesifik.


Dari penjelasan di atas maka dapat kita simpulkan bahwa pendekatan adalah gagasan kita dalam mengajar, model pembelajaran adalah prosedurnya untuk menjalankan gagasan kita tersebut, dan dalam melaksanakan prosedur tersebut, kita bisa menggunakan satu atau dua strategi atau bahkan lebih. Mudah bukan?

Related Posts:

0 Response to "Perbedaan Pendekatan, Model, dan Strategi Pembelajaran"

Post a Comment