Report Text: Penjelasan dan Contoh Text

Hai teachers… Sudahkah teachers menonton berita terbaru di TV? Jika berbicara mengenai berita, kita pasti akan menyentuh genre report. Yap, kali ini penulis ingin berbagi pengetahuan mengenai report text dan diserta dengan contohnya. Selamat membaca dan menambah pengetahuan teachers sekalian.

Report text ini merupakan salah satu dari 13 jenis teks bahasa Inggris yang tergolong kedalam "Description Text" (Perlu diingat report text bukanlah descriptive text tetapi masih tergolong descriptive text) yang fungsinya menggambarkan sesuatu baik itu berupa benda, makhluk hidup atau fenomena-fenomena umum. hal yang membedakan report text dengan descriptive text adalah keumuman yang dibawa oleh report text.


Report text memiliki tujuan komunikatif untuk menyampaikan mengenai sesuatu apa adanya sebagai hasil dari pengamatan atau analisis yang sistematis. Report text ini mencakup deskripsi yang meliputi gejala alami, lingkungan, benda buatan manusia, atau gejala-gejala sosial. Deskripsi dalam sebuah Report text bisa saja berupa kesimpulan umum, misalnya, ikan paus termasuk binatang mamalia karena ikan tersebut melahirkan anaknya.

Dalam Report text, terdapat struktur teks yang terdiri dari dua bagian, yaitu:
1. General Clasification
Bagian general clasification (klasifikasi umum) berisi mengenai pengenalan fenomena/ benda yang akan dibicarakan dengan menyertakan pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan, dan klasifikasinya.

2. Description
Pada bagian ini biasanya terdiri dari gambaran mengenai fenomena/ benda yang didiskusikan dari bagian ke bagiannya, kebiasaan atau tingkah laku untuk benda hidup, ataupun kegunaannya untuk benda secara detail.

Dalam sebuah Report text terdapat beberapa ciri-ciri kebahasaan (language features) seperti berikut ini: 
  1. Menggunakan general nouns, seperti ‘Reptiles in Comodo Insland’, dsb. 
  2. Menggunakan relating verbs untuk menjelaskan ciri, misalnya reptiles are scaly animals (ciri ini berlaku untuk semua reptilia), dsb. 
  3. Menggunakan action verbs dalam mejelaskan perilaku, misalnya lizards cannot fly, dsb. 
  4. Menggunakan present tense untuk menyatakan suatu yang umum, misalnya Komodo dragons usually weight more than 160 kg, dsb. 
  5. Mengguanakan istilah teknis/ ilmiah, misalnya water contains oxygen and hydrogen, dsb.

Ketika berbicara mengenai descriptive text dan report text dalam kenyataanya, kedua jenis teks ini cukup sulit untuk di bedakan baik itu dari tujuan komunikatif ataupun struktur kalimatnya. Tetapi jika kita menganalisisnya dengan cermat, perbedaan antara keduanya akan nampak.

Yang membuat berbeda antara Descriptive Text dan Report Text adalah terdapat pada  cakupan penulisan objek yang dibahas. Jika kita berbicara tentang misalkan sepeda yang di tulis dalam bentuk Report Text, teks tersebut akan berbicara mengenai sepeda secara umum; bagian-bagiannya, kekuatannya, dan fungsinya secara umum selayaknya sepeda. Sedangkan jika sepeda dideskripsikan dengan Descriptive Text, maka sepeda tersebut merujuk ke jenis sepeda tertentu misalnya sepeda gunung, sepeda balap dan yang lainnya, yang tentunya dengan ciri-ciri sertifikasi-nya; warna, jenis roda, warna, dll.

Dari penjelasan di atas, semoga teachers sekalian memahami maksud penulis dalam membandingkan antara report dan descriptive text. Setelah membaca penjelasan di atas, pasti teachers sekalian penasaran dengan contoh report text bukan? Di bawah ini merupakan contoh dari report text. Check this out!

Related Posts:

2 Responses to "Report Text: Penjelasan dan Contoh Text"

  1. sangat bermanfaat sekali untuk saya yg sedang mengambil mata kuliah micro teaching, terimakasih admin

    ReplyDelete