Self-Assessment untuk Pelajaran Speaking

Hai teachers… Kali ini penulis masih membahas mengenai self-assessment. Seperti yang pernah penulis bahas sebelumnya, ketika melakukan asesmen dalam pembelajaran di kelas, sangat penting mengetahui informasi siswa terkait dengan materi yang diajarkan. Hal ini untuk mengetahui feedback yang dapat kita ambil terkait dengan materi yang diajarkan. Pengumpulan informasi ini dapat melalui pemberian asesmen diri atau yang lebih kita kenal dengan self-assessment. Pada kesempatan kali ini penulis ingin membahas mengenai self-assessment pada pembelajaran berbicara (Speaking). Check this out...!!!


Seperti yang telah penulis bahas sebelumnya bahwa asesmen diri selain digunakan untuk mendapatkan feedback dari siswa terkait dengan pembelajaran, asesmen ini juga sebenarnya bisa digunakan dalam penilaian. Sebagai contoh, asesmen diri yang diisi oleh siswa dengan 2 rentang pilihan yaitu jawaban “Ya” dan “Tidak”. Kemudian guru juga mengisi asesmen yang terkait dengan masing-masing siswa dengan butir pertanyaan/pernyataan yang sama. Apabila respon siswa A menjawab “Ya” terkait dengan satu pernyataan positif dan guru juga memberikan jawaban “Ya” kepada siswa terkait dengan butir pernyataan positif yang sama, maka siswa tersebut akan mendapat nilai 1. Apabila berbeda, maka siswa akan mendapat nilai 0. Namun perlu diingat bahwa pemberian nilai ini hanya bisa digunakan sebagai penunjang saja dikarenakan pemberian nilai siswa bobotnya masih lebih besar pada penggunaan rubrik penilaian.

Nah kali ini, penulis ingin memberikan salah satu contoh asesmen diri yang bisa digunakan pada pelajaran speaking. Asesmen diri ini mencakup aspek bahasa pada kemampuan berbicara atau speaking aspects. Adapun aspek bahasa pada berbicara mencakup

Pemahaman
1.    Kemampuan siswa memahami ucapan
2.    Kemampuan siswa membuat kalimat yang mudah dipahami
Kelancaran
1.    Kelancaran saat berbicara
Kosa Kata
1.    Variasi kata
2.    Pemilihan kata
Pengucapan
1.    Kejelasan pengucapan kata
2.    Ketepatan pengucapan kata
Tata Bahasa
1.    Struktur kalimat

Asesmen diri ini digunakan pada materi “Sapaan”. Dari satu contoh ini, teachers sekalian dapat memodifikasinya dengan mengganti topik atau materi yang tercantum di butir pernyataan di bawah ini yang ditandai dengan warna merah. Mohon diingat bahwa instrument ini digunakan pada materi speaking. Sehingga, instrument ini tidak bisa digunakan pada materi listening, reading, apalagi writing. Dan untuk diingat, pernyataan di bawah ini bisa dimodifikasi menjadi checklist dengan menambahkan kolom "Ya" dan "Tidak" di sebelah pernyataan.

1
Saya mengerti ketika teman/guru menyapa dalam bahasa Inggris.
2
Saya mampu menyapa guru dan teman-teman menggunakan kalimat bahasa Inggris yang mudah dimengerti.
3
Saya mampu menyapa dalam Bahasa Inggris dengan lancar (jeda yang tepat).
4
Saya memiliki cukup kosa kata dalam bahasa Inggris yang bisa saya gunakan ketika menyapa guru/teman.
5
Saya mampu memilih kata yang tepat ketika menyapa guru/teman.
6
Saya bisa mengucapkan kata-kata dalam menyapa dengan bahasa Inggris dengan jelas.
7
Saya bisa mengucapkan kata-kata dalam menyapa dengan bahasa Inggris dengan tepat.
8
Saya bisa menggunakan struktur kalimat yang benar sesuai tata bahasa dalam bahasa Inggris ketika menyapa guru/teman.

Related Posts:

0 Response to "Self-Assessment untuk Pelajaran Speaking"

Post a Comment