Strategi untuk Mengajar Reading: Gallery Walk Strategy

Hai teachers… Pada kesempatan sebelumnya penulis sempat berbagi beberapa strategi yang dapat digunakan untuk mengajar reading. Masih mengenai mengajar reading, Kali ini penulis ingin menjelaskan mengenai sebuah strategi yang memanfaatkan gambar dalam pengimplementasiannya. Strategi ini sangat cocok digunakan terkait dengan teks narrative, recount, descriptive, dan procedure. Adapun strategi yang ingin penulis bahas kali ini yaitu Gallery Walk Strategy. Apakah teachers sekalian ingin mengetahui lebih mendalam mengenai strategi ini? Check this out…!!!


Gallery Walk Strategy ini biasa disebut sebagai galeri berjalan di mana teachers sekalian dapat menggunakan gambar yang sesuai dengan teks yang diberikan sebagai salah satu media yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam memahami isi bacaan. Gambar ini bisa berupa series atau dipasang secara berurutan layaknya sebuah pameran lukisan. Teachers sekalian juga bisa menambahkan penggalan teks yang ada di bawah gambar sehingga siswa tidak hanya melihat gambar, tetapi juga dapat melihat cerita terkait gambar tersebut. Menurut Wright (2006) manfaat dari strategi ini adalah :
  • Merangsang minat siswa dalam membaca teks
  • Membantu siswa fokus pada isyarat visual dalam membaca teks
  • Membantu siswa untuk menghubungkan pengalaman pribadi mereka terkait dengan teks
  • Memberikan dasar untuk diskusi elemen bahasa dan cerita-cerita yang berhubungan
  • Meningkatkan pemahaman siswa
  • Membangun keterampilan yang diperlukan untuk membaca secara mandiri


Dalam pengimplementasian strategi ini, siswa dapat membawa catatan yang nantinya digunakan untuk mencari informasi-informasi yang dianggap penting yang bisa dicatat untuk kemudian dapat dibuatkan ringkasan oleh siswa yang bersangkutan.

Adapun prosedur penerapan Gallery Walk Strategy ini dapat dijelaskan sebagai berikut:
  1. Sebelum memulai pelajaran, guru sudah mempersiapkan semua gambar, ilustrasi, dan teks yang akan digunakan dan dipajang secara berurutan layaknya sebuah gallery lukisan.
  2. Memulai pelajaran dengan membangkitkan prior knowledge siswa dan memberitahukan topic dan judul teks yang akan dibahas. Mintalah siswa untuk mempersiapan buku catatan untuk mencatat informasi yang nantinya didapatkan.
  3. Mintalah siswa untuk menulis prediksi-prediksi terkait dengan isi teks yang nantinya akan dibaca.
  4. Mintalah siswa untuk mengobservasi gambar dan membaca penggalan teks yang ada di bawah gambar yang mereka amati. Melalui observasi ini,mereka dapat mengkonfirmasi pertanyaan-pertanyaan yang mereka telah susun sebelumnya.
  5. Setelah selesai mengamati gambar dan membaca seluruh penggalan teks, siswa diminta untuk membuat ringkasan dengan bahasa mereka sendiri.
  6. Guru membahas teks yang diberikan dengan menunjukkan kembali gambar-gambar yang digunakan secara berurutan dan minta siswa untuk menceritakan dengan bahasa mereka sendiri terkait dengan gambar yang ditunjukan.

Salah satu kelemahan dalam pengimplementasian Gallery Walk Strategy ini adalah kesulitan mencari gambar yang sesuai. Namun, apabila teachers sekalian serius dalam mengajar, teachers sekalian pasti memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan gambar tersebut. Semoga strategi ini dapat membantu teachers sekalian.

Related Posts:

0 Response to "Strategi untuk Mengajar Reading: Gallery Walk Strategy"

Post a Comment