Strategi untuk Mengajar Reading: PQRST Strategy



Hai teachers… Kali ini penulis ingin berbagi mengenai salah satu strategi mengajar yang bisa digunakan pada pelajaran Reading. Seperti yang teachers ketahui, dalam mengajar reading kita akan bersinggungan dengan comprehension (pemahaman) karena comprehension ini adalah salah satu aspek dalam membaca. Mengajar reading comprehension terkadang bisa gampang-gampang susah karena ada banyak factor yang mempengaruhinya. Salah satunya, penggunaan strategi yang tepat dengan karakteristik siswa dapat membantu dalam reading comprehension. Sehubungan dengan hal ini, penulis ingin berbagi sebuah strategi dalam reading comprehension yaitu PQRST (Preview, Question, Read, State, Test). 


PQRST adalah strategi yang mengajarkan siswa untuk lebih teliti dalam membaca dan memberikan pemahaman yang lebih baik. Dalam penggunaan strategi ini, Siswa diminta untuk berpikir tentang apa yang mereka baca dan menulis pertanyaan yang berhubungan dengan topic dan mencari jawaban atas pertayaan mereka dengan cara membaca lebih seksama.

Tujuan dari PQRST adalah untuk meningkatkan pemahaman membaca dan menumbuhkan rasa ingin tahu siswa terkait dengan topic yang akan dibaca. Namun, dalam pengimplementasian strategi ini, Teks yang diberikan hendaknya teks yang kaya akan informasi sehingga siswa nantinya bisa menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang mereka miliki.

Seperti namanya, PQRST ini terdiri atas 5 tahapan yang dapat dijelaskan sebagai berikut:
Preview
Pada tahapan ini, siswa akan diminta untuk mengamati atau membaca secara umum dan sekilas saja. Kemudian, siswa diminta untuk mengaitkan dengan hal-hal yang mereka ketahui dan mengaktifkan prior knowledge mereka, khususnya terkait dengan topik.

Questions
Pada tahapan ini, siswa diminta untuk membuat pertanyaan-pertanyaan mengenai topic yang dibaca. Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang muncul dari keingintahuan mereka setelah membaca secara umum. Perlu diketahui, membaca teks secara umum tidak memberikan kita informasi yang menyeluruh apalagi jika waktu yang diberikan sangatlah terbatas.  Pertanyaan-pertanyaan ini sebenarnya menuntun mereka untuk mampu membaca lebih teliti dan menemukan informasi yang mereka ingin ketahui. Misalnya saja teks yang diberikan adalah naratif, maka kemungkinan pertanyaan mereka adalah:
  • Who is/are the major character/s?
  • What do/es the major character/s look like?
  • Where did the story take place?

Read
Setelah membuat pertanyaan, maka suruhlah mereka untuk menjawab pertanyaan yang sudah mereka buat sebelumnya dengan membaca teks tersebut secara lebih teliti lagi. Pertanyaan tersebutlah yang akan membuat mereka untuk membaca secara lebih teliti dan bahkan bisa berulang-ulang demi memahami isi teks dan akhirnya mampu menjawab pertanyaan yang mereka telah buat sebelumnya.

State
Pada tahapan ini siswa diminta untuk membuat ringkasan dari teks yang telah mereka baca dengan teliti sebelumnya. Tentunya ringkasan ini hendaknya dilakukan dengan menggunakan bahasa mereka sendiri dengan tidak melakukan copy paste.

Test
Pada tahapan ini, siswa akan diberikan pertanyaan yang terkait dengan isi teks. Pada tahapan test ini, siswa akan benar-benar diuji apakah telah memahami teks yang telah diberikan atau belum.

Penjelasan di atas merupakan penjelasan dari strategi PQRST. Semoga penjelasan tersebut bermanfaat bagi teacher sekalian, khususnya dalam pelajaran reading.

Related Posts:

1 Response to "Strategi untuk Mengajar Reading: PQRST Strategy"

  1. apakah strategy ini sebelumnya pernah digunakan dalam penelitian pak?
    terima kasih

    ReplyDelete