Strategi untuk Mengajar Reading: Time Quiz Strategy


Hai teachers... Apakah ada dari teachers sekalian kebingungan dalam mengajar reading, terutama dalam Reading Comprehension dikarenakan kebingungan mencari strategi yang sesuai? Kali ini penulis ingin berbagi sebuah strategi yang diberi nama Time Quiz? Lalu apakah strategi Time Quiz tersebut? Check this out...!!!



Jika teachers semua mengetahui, Time Quiz sebenarnya sudah sering teachers sekalian terapkan pada pembelajaran. Namun, Time Quiz yang kali ini hendak penulis bahas adalah Time Quiz yang agak sedikit berbeda dari yang biasanya teachers sekalian terapkan ketika mengajar bahasa Inggris. Time Quiz yang hendak penulis bahas ini lebih menekankan siswa untuk berkompetisi sekaligus menambah pemahaman mereka (Comperehension) terhadap materi yang teachers sekalian ajarkan.

Pengimplementasian strategi Time Quiz ini dimulai dengan membagi siswa menjadi tiga atau lebih  kelompok besar dan semua anggota bersama-sama mempelajari materi tersebut, mendiskusikan materi, saling memberi arahan, saling memberikan pertanyaan dan jawaban, setelah materi selesai diadakan suatau pertandingan akademis. Metode ini diharapkan dapat merubah pola-pola interaksi siswa.

Adapun prosedur penerapan strategi Time Quiz dapat dijelaskan sebagai berikut:
  1. Pilih topik yang dapat disampaikan dalam 3 bagian
  2. Bagilah siswa menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok A, B dan C.
  3. Sampaikan kepada siswa format penyampaian pelajaran kemudian mulai penyampaian materi maksimal 10 menit.
  4. Setelah selesai menyampaikan materi, mintalah kelompok A untuk membuat pertanyaan yang sesuai berdasarkan materi yang telah disampaikan. Kelompok B dan C menggunakan waktu mereka lagi untuk melihat catatan mereka.
  5. Mintalah kelompok A untuk memberi pertanyaan kepada kelompok B. Jika kelompok B tidak dapat menjawab pertanyaan maka pertanyaan tersebut dilempar kepada kelompok C.
  6. Kelompok A memberi pertanyaan kepada kelompok C. Jika kelompok C tidak bisa menjawab maka pertanyaan dilempar kepada kelompok B.
  7. Jika tanya jawab selesai, lanjutkan dengan pelajaran kedua dengan kelompok B sebagai penanya. Lakukan seperti proses kelompok A.
  8. Setelah kelompok B selesai, lanjutkan materi ketiga dengan kelompok C sebagai kelompok penanya.
  9. Akhiri pelajaran dengan menyimpulkan pelajaran dan jelaskan sekiranya ada pemahaman siswa yang keliru.

Dari membaca penjelasan di atas, kini teachers sekalian sudah memahami bagaimana cara menggunakan strategi Time Quiz. Semoga strategi ini dapat teachers sekalian terapkan dengan baik untuk mengajar Reading. Semoga membantu.

(Bintang)

Related Posts:

0 Response to "Strategi untuk Mengajar Reading: Time Quiz Strategy"

Post a Comment