Collaborative Strategic Reading untuk mengajar Reading

Hai teachers, bagaimana kabar teachers sekalian? I hope you are doing well. Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi strategi yang bisa digunakan pada pelajaran reading. Adapun nama strategi ini adalah Collaborative Strategic Reading  (CSR). Lalu apakah CSR itu?


CSR adalah strategi yang membantu siswa untuk menggunakan berbagai strategi untuk membantu siswa memahami isi bacaan ketika sedang bekerja bersama kelompok. CSR ini sendiri terdiri atas beberapa tahapan yaitu Preview, Click and Clunk, Get the gist, dan Wrap up. Apakah teachers sekalian ingin tahu bagaimana penjelasan masing-masing tahapan dan cara implementasinya? Check this out…!!!

Berikut ini akan penulis jelaskan masing-masing tahapan dalam CSR. Namun, dalam mengimplementasikan strategi ini, siswa harus dikelompokan menjadi beberapa grup. Teks yang diberikan pun hendaknya didukung dengan gambar dan ilustrasi yang jelas yang mampu membantu siswa dalam memahami isi bacaan. Dalam pengimplementasian tiap tahapan, hendaknya teachers sekalian memberikan alokasi waktu yang pasti dan menghentikan tahapan apabila waktu telah habis dengan cara meniup peluit, bertepuk tangan, dsb. Adapun keseluruhan tahapan dapat dijelaskan sebagai berikut:

Preview
Tahapan ini adalah tahapan dimana siswa melakukan preview terhadap keseluruhan isi teks sebelum mereka membaca dengan seksama. Tahapan preview ini bisa dilakukan dengan melihat gambar atau ilustrasi pendukung, membaca dengan cepat, memahami judul teks, memprediksi isi teks tersebut akan seperti apa, dll. Kegiatan preview ini juga bisa dilakukan dengan memberikan siswa beberapa pertanyaan yang membantu mereka memprediksi isi bacaan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membangkitkan prior knowledge siswa akan topik bacaan. Lalu berikan siswa waktu untuk berdiskusi dengan temannya akan preview yang telah mereka lakukan.

Click dan Clunk
Pada tahapan ini, siswa membaca isi teks dengan lebih seksama dan menandai dengan clik apabila siswa mengetahui makna kalimat / isi bacaan masing-masing paragraph dan menandai dengan clunk apabila tidak memahami makna kalimat / isi bacaan masing-masing paragraph. Penandaan ini bisa dilakukan secara ingatan atau ditulis untuk memudahkan siswa dalam berdiskusi nantinya. Setelah waktu membaca telah berakhir, mintalah siswa untuk berdiskusi dengan temannya sehingga mereka bisa berdiskusi mengeni click dan clunk yang telah mereka dapatkan. Teachers sekalian bisa menanyakan secara umum clik dan clunk yang mereka dapatkan sehingga teachers bisa membantu siswa pada masalah clunk.

Get the gist
Ini adalah tahapan lanjut dimana siswa diminta untuk menyatakan kembali ide pokok dari masing-masing paragraph dengan kata-kata mereka sendiri. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa akan isi bacaan. Kegiatan ini bisa secara verbal atau non-verbal. Teachers juga bisa membantu siswa dengan memberikan beberapa clue atau kata kunci agar mereka bisa focus mencari apa yang dimaksud. Pada tahapan ini, berikan siswa waktu untuk berdiskusi dengan teman dalam kelompoknya.

Wrap up
Ini adalah tahapan selanjutnya dimana siswa diminta untuk merangkum seluruh isi bacaan dengan kata-kata mereka sendiri. Pada tahapan ini teachers bisa membantu siswa dengan memberikan kata kunci apa saja yang harus mereka jelaskan nantinya. Bisa merupakan pertanyaan 5W 1H. pada tahapan ini teachers sekalian bisa berpura-pura bahwa siswalah yang menjadi guru dan teachers sekalian dapat bertanya beberapa pertanyaan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka aka nisi bacaan.


Adapun yang perlu diperhatikan dalam implementasi strategi ini adalah alokasi waktu yang harus benar-benar ditentukan untuk masing-masing tahapan. Sisanya, bisa teachers modifikasi sendiri. Selamat mencoba.

Related Posts:

1 Response to "Collaborative Strategic Reading untuk mengajar Reading"

  1. ada gk kk buku yang membahas menegenai CSR ini ? mohon informasinya ya kk , maksi

    ReplyDelete