Numbered Head Technique (NHT) untuk Kelas dengan Kemampuan Bahasa Inggris yang Bagus



Hai teachers, setelah sekian lama penulis tidak memosting artikel mengenai pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris, kini penulis datang lagi dan ingin membagikan strategi pembelajaran yang menarik. Strategi ini khusus diaplikasikan apabila kemampuan siswa teachers sekalian sudah outstanding atau memiliki pemahaman yang lebih. Cocok diterapkan pada kelas unggulan yang terdiri atas siswa-siswa yang unggul. Lalu, strategi apakah yang dimaksud? Numbered Head Technique atau disingkat NHT.

NHT adalah teori yang dikembangkan oleh Kagan (1993) untuk melibatkan lebih banyak siswa ntuk meninjau kembali materi yang ada dalam pelajaran dan untuk mengecek pemahaman siswa tentang isi dari pelajaran. NHT adalah teknik pembelajaran kooperatif yang merangkul setiap siswa untuk dapat mempertanggung jawabkan materi yang dijangkaunya.

Pada teknik ini, siswa ditempatkan dalam kelompok dan tiap orang diberikan nomor dari 1 sampai jumlah maksimal mereka dalam tiap kelompok. Guru kemudian memberikan pertanyaan dan siswa berdiskusi untuk menemukan jawabannya. Guru memanggil nomor tertentu sebagai pembicara untuk kelompoknya. Dengan memberikan siswa bekerjasama dalam kelompok, teknik ini mengharuskan setiap anggota untuk mengetahui jawaban atau hasil diskusi kelompok mereka. Siswa tidak akan tahu nomor berapa yang akan dipanggil sebagai pembicara, jadi setiap siswa harus siap.
Dalam melaksanakan teknik NHT, ada beberapa tahap yang harus dilalui, yaitu:
a.       Numbering
Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 – 6 orang dan memberika nomor ke tiap anggota kelompok.
b.      Questioning
Guru memberikan permasalahan kepada siswa.
c.       Head Together ( Think together )
Siswa berdiskusi untuk menemukan jawaban dari permasalaha yang diberikan.
d.      Answering
Guru memanggil nomor tertentu dari tiap- tiap kelompok sebagai pembicara kelompoknya. Nomor yang dipanggil harus mengangkat tangan dan mengemukakan  jawaban kepada siswa yang lainnya. Siswa dari kelompok yang berbeda bisa memberikan opini mereka untuk jawaban yang sudah dikemukakan.
e.       Evaluating
Guru mengevaluasi siswa secara individu berdasarkan pemahaman mereka tentang topik tersebut. Hal tersebut bisa dilakukan melalui jawaban yang diberikan oleh siswa dan juag pekerjaan kelompok yang dinilai berdasarka kelayakan jawaban.

Keunggulan teknik ini adalah mampu meningkatkan prestasi siswa, pemahaman yang mendalam, mengembangkan sikap yang baik, mengembangkan jiwa kepemimpinan, meningkatkan rasa penasaran, mengembangkan skill untuk masa depan, mengembangkan rasa memiliki, dan meningkatkan rasa percaya diri. Namun, perlu diingat bahwa penerapan teknik ini sebaiknya diaplikasikan pada kelas yang kemampuannya bagus atau pada kelas Unggulan yang siswanya memiliki kemampuan berbicara yang bagus disertai pemahaman yang baik.

Selamat mencoba teachers sekalian. Good Luck.

Related Posts:

1 Response to "Numbered Head Technique (NHT) untuk Kelas dengan Kemampuan Bahasa Inggris yang Bagus"

  1. it was a great strategy.Thank u for the inspiration.

    ReplyDelete