Strategi PARTS untuk Mengajar Reading


Hai teachers sekalian… bagaimana proses mengajar teachers sekalian? Semoga lancar Jaya…!!! Pada kesempata ini penulis kembali ingin berbagi sebuah strategi yang bisa digunakan untuk mengajar reading. Adapun nama strategi ini adalah PARTS. Lalu, apa itu PARTS? Penasaran? Check this out…!!!

Strategi PARTS adalah strategi yang cocok digunakan pada kegiatan membaca yang sangat efektif. Strategi ini diusulkan oleh Rainy pada tahun 2002. Strategi ini tidak hanya akan membantu siswa untuk menikmati bacaan mereka, tetapi juga membantu siswa untuk membaca dengan cepat dan megingat poin utama dalam bacaan. PARTS terdiri dari Preview, Anticipating, Reading and Re-reading, think Critically, dan Summarizing.

Berikut ini adalah tahapan strategi PARTS.
Previewing
Bagian pertama dari strategi ini adalah preview (meninjau). Langkah meninjau dalam membaca akan membantu pembaca untuk mempersiapkan pikiran mereka untuk menerima informasi dalam teks bacaan (Potter, 2008). Dalam rangka mempersiapkan pikiran pembaca ada beberapa langkah yang dirumuskan oleh Langan (2002) dalam meninjau teks, yaitu: mempelajari judul dari bacaan, membaca dengan cepat paragraf pertama dan terakhir, serta melihat sekilas gambar, nama penulis, dan grafik dalam teks. Dengan melakukan kegiatan tersebut, pembaca akan mendapatkan gambaran dari isi, arah dan tujuan bacaan, mereka juga dapat lebih mudah memahami dan mengingat informasi. Tahapan preview ini bisa diimplementasikan selama 10 atau 15 menit tergantung dari panjangnya teks yang diberikan.

Anticipating
Menurut Reading Rockets (2013) mengantisipasi adalah strategi pemahaman yang digunakan sebelum membaca untuk mengaktifkan pengetahuan awal siswa dan membangun rasa ingin tahu tentang topik baru. Dalam proses antisipasi, pembaca mencoba menebak apa yang dibicarakan dalam bacaan sehingga mereka bisa mengantisipasi apabila mereka tidak tahu apa yang dimaksud dalam bacaan. Kegiatan di dalam anticipating ini kebanyakan berupa memprediksi apa yang akan muncul di dalam bacaan atau mencari tahu sendiri informasi lain yang berhubungan dengan teks sebagai langkah antisipasi apabila tidak mengetahui informasi di dalam teks. Kegiatan ini bisa dilakukan selama 10 menit.

Reading and Re-reading
Langkah ini dapat dibagi menjadi dua kegiatan. Kegiatan pertama adalah pembaca melakukan pembacaan cepat. Selama membaca cepat, pembaca membaca teks dalam hati dan cepat sementara menandai setiap kata-kata asing, tapi tidak berhenti untuk menemukan maknanya dan kemudian membaca kembali bacaan tersebut. Ketika pertama kali membaca, siswa tidak harus khawatir tentang memahami segala sesuatu, karena dalam kedua kali membaca pembaca akan memiliki kesempatan untuk membaca kembali teks lebih lambat dan menemukan arti dari kata-kata yang tidak diketahui sementara menandai beberapa poin penting. Kegiatan reading dapat dilakukan selama 5-10 menit dan re-reading bisa dilakukan selama 10-15 menit.

Think Critically
Dalam berpikir kritis pembaca harus menggunakan pengetahuan mereka sendiri untuk berpikir tentang pesan yang terkandung dalam teks. Selama langkah ini, siswa akan diberikan beberapa pertanyaan yang mengarahkan siswa dalam berpikir teks lebih kritis. Kegiatan ini dapat dilakukan selama 15-20 menit. Alokasi pada tahapan ini lebih banyak dibandingkan tahapan lainnya dikarenakan siswa diminta untuk berpikir secara kritis dan menghubungkan informasi yang mereka ketahui dengan informasi yang mereka dapatkan dari membaca.

Summarizing.
Dengan meringkas, pembaca akan meningkatkan daya pemahaman mereka. Jadi pada langkah ini, siswa diminta untuk meringkas informasi dari seluruh teks. Kegiatan meringkas ini juga bisa dilakukan dengan menggaris bawahi informasi-informasi penting dan kemudian mengumpulkan menjadi satu sehingga lebih mudah dalam proses meringkas. Kegiatan ini bisa dilakukan selama 10 menit.

Namun, pembelajaran yang baik adalah pelajaran yang mampu memberikan umpan balik kepada siswa teachers sekalian oleh karena itu, setelah strategi PARTS selesai dilakukan, teachers bisa membahas informasi apa saja yang telah mereka dapatkan dari membaca teks yang telah diberikan. Maka, siapkanlah beberapa pertanyaan yang bisa menjadi umpan balik bagi pembelajaran siswa teachers sekalian.


Mungkin teachers sekalian sudah tidak sabar untuk menggunakan strategi ini. Segera persiapkan segalanya. Selamat mencoba.

Related Posts:

5 Responses to "Strategi PARTS untuk Mengajar Reading"

  1. Strategi ini ada di buku apa dan pengarangnya siapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Strategi di blog ini kebanyakan saya terjemahkan dari blog berbahasa inggris dan sy hubungkan dengan pembelajaran dengan skill yang sesuai.

      Delete
    2. Could you give any resources for the technique, Sir?

      Delete
  2. bacaan yang sangat menarik dan membantu. bisa tolong cantumkan beberapa referensi tentang strategi diatas?

    ReplyDelete
  3. Thanks so much...this article is really helpful..

    ReplyDelete