Strategi "PLEASE" Untuk Pelajaran Writing


Hai teachers sekalian, sedang apa teachers sekalian? Pasti sedang membaca artikel di proenglishteacher ya? Hehehe. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin berbagi sebuah strategi dalam pelajaran menulis. Adapun nama strategi ini adalah P.L.E.A.S.E. Lalu, strategi apakah PLEASE ini? Check this out…!!!

Singkatan dari P.L.E.A.S.E  adalah Pick,  List,  Evaluate,  Activate, Supply, dan End. Strategi ini sangat cocok digunakan untuk menulis konten yang tidak terlalu panjang atau hanya beberapa paragraph pendek saja. Jadi strategi ini baiknya digunakan untuk kemampuan dasar menulis. Adapun prosedur dari PLEASE ini dapat dijelaskan sebagai berikut:

Pick : Memilih Topik yang terbaik
Pada bagian ini teachers sekalian memandu siswa untuk memilih topic terbaik sebagai dasar tulisan mereka. Teachers bisa membiarkan siswa mencari topic mereka sendiri atau bisa teachers pandu bagi mereka yang kesusahan.

List : Susun Ide-ide tentang topic  itu
Pada bagian ini, mintalah siswa teachers sekalian untuk mendaftar ide-ide apa saja yang akan dituangkan di dalam tulisan yang terkait dengan topic yang telah dipilih.baiknya ide-ide itu disusun secara berurutan atau secara kronologi agar lebih mudah bagi siswa untuk mengembangkannya (Teachers bisa membantu siswa dalam menyusun ide).

Evaluate : Evaluasi daftar ide-ide
Pada bagian ini, mintalah siswa untuk mengevalusi susunan ide yang sudah mereka tulis. Siswa harus mengevalusi susunan ide mereka dan meyakini bahwa ide-ide mereka cocok untuk mendukung topik.

Activate : Menghidupkan setiap paragraf dengan sebuah kalimat topik
Pada bagian mintalah siswa untuk mengembangkan topic yang sudah dipilih sebuah kalimat yang komplit. Pastikan siswa tahu bahwa kalimat pertama pada sebuah paragraf menjelaskan topik utama. Kalimat topic atau disebut dengan main idea bisa ditempatkan di awal atau diakhir paragraph.

Supply: Memberikan kalimat pendukung
Pada bagian ini, siswa menyusun kalimat-kalimat pendukung yang berasal dari ide-ide yang sudah ditulis sebelumnya. Pastikan bahwa kalimat-kalimat pendukung ini mendukung kalimat topik yang telah ditulis sebelumnya.

End: Selesaikan dengan sebuah paragraf kesimpulan sebagai ringkasan
Pada bagian terakhir ini, ingatkan siswa agar menyelesaikan tulisannya dan membuat sebuah paragraph yang merupakan ringkasan dari paragraf-paragraf sebelumnya.

Nah itu dia Strategi PLEASE. Sangat mudah bukan? Di dalam penerapannya, teachers sekalian bisa memodifikasi masing-masing tahapan ini. Semoga membantu dan selamat mencoba.



Related Posts:

1 Response to "Strategi "PLEASE" Untuk Pelajaran Writing"