Artikel Lainnya

Thursday, August 8, 2019

Grammar Translation Method

Hai teachers sekalian... Bagaimana kabar teachers sekalian? semoga teachers dalam keadaan baik sehingga bisa membaca materi kali ini yang membahas mengenai Grammar Translation Method atau kerap disebut sebagai GTM. Pasti teachers sekalian tidak asing lagi dengan sebutan GTM ini. Jika belum pernah mendengarnya, maka mari kita bahas...

Grammar Translation Method ini bukanlah metode baru dalam pembelajaran bahasa Inggris. Meskipun metode ini memiliki banyak nama, namun metode ini banyak digunakan oleh pengajar bahasa di seluruh dunia dan selama sekian tahun. Metode ini juga hingga saat ini masih digunakan oleh beberapa pengajar karena dianggap masih bisa diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa. Namun, sudah dibuktikan oleh banyak ahli bahwa GTM tidak terlalu signifikan membantu penguasaan bahasa. Namun tetap menarik untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa.


GTM ini awalnya disebut sebagai Metode Klasik (Classical Method) karena metode ini dulunya diperuntukan untuk mengajarkan bahasa-bahasa klasik seperti bahasa latin dan greek. Namun, dalam perkembangannya, metode ini dipergunakan untuk mengajarkan bahasa, khususnya bahasa Inggris. Kemudian, metode ini dipergunakan untuk membantu siswa dalam kegiatan membaca dan menghargai literatur-literatur asing. Lalu, melalui penerapan metode ini, diharapkan bahwa siswa bisa familiar terhadap grammar atau struktur bahasa yang dipelajari. Apabila siswa sudah merasa familiar terhadap grammar bahasa target, diharapkan mereka bisa memperbaiki kualitas berbicara dan menulis mereka dalam bahasa tersebut.

Lalu, bagaimanakah penerapan GTM ini dalam pembelajaran bahasa? Metode ini sering menggunakan tulisan-tulisan atau teks yang banyak digunakan dalam dunia nyata. Biasanya, tulisan atau teks tersebut akan disajikan bersama daftar kosakata (vocabulary) yang terdapat di dalam tulisan atau teks tesebut untuk membantu siswa memahami isi tulisan. Kemudian, ketika membaca teks tersebut, maka struktur bahasa dari teks tersebut akan dibahas terlebih dahulu agar siswa-siswa paham dan dilanjutkan dengan mengambil contoh-contoh kalimat dari tulisan atau teks tersebut. Lalu, kegiatan dilanjutkan dengan menerjemahkan tulisan atau teks tersebut ke dalam bahasa Ibu (mother tongue). Namun, dalam prosesnya, banyak juga yang menggunakan GTM ini sebagai latihan menerjemahkan dari bahasa target ke bahasa Ibu atau dari bahasa Ibu ke bahasa target.

Nah itu dia penjelasan singkat mengenai Grammar Translation Method, semoga penjelasan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman teachers sekalian akan pedagogi bahasa Inggris dan bisa menjadi professional teachers.

Jangan lupa kunjungi juga akun youtube PET Proenglishteacher di sini dan subscribe video-videonya.

No comments:

Post a Comment